Kamarang.com, Tasikmalaya – Mengacu pada pasal 4 UU no 13/2003 tentang ketenagakerjaan, Disnaker Kota Tasikmalaya berencana membangun Balai Latihan Kerja (BLK) guna mewujudkan pemerataan kesempatan kerja dan penyediaan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan nasional dan daerah,

Hal tersebut seperti yang diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Rahmat Mahmuda saat Musrenbang tingkat sektoral. “Tahun 2021 kita usulkan membangun BLK sendiri apabila BLK Kabupaten Tasikmalaya yang berlokasi di Indihiang Kota Tasikmalaya tidak diserahterimakan asetnya,” ungkap Rahmat senin (24/02/2020)

Adapun tempat untuk pembuatan BLK tersebut menurut Rahmat direncanakan dibangun di wilayah Kecamatan Tamansari dengan luas wilayah 5 hektar. “DED sudah disiapkan oleh Dinas PU dengan anggaran sebesar Rp. 50 miliar,” tambahnya.

Selain itu, Rahmat juga menyinggung banyaknya permintaan tenaga kerja, tetapi masih dihadapkan pada kendala kurangnya keterampilan dari tenaga kerja.

“Kemarin, seleksi untuk perusahaan Jepang membutuhkan 100 orang, terpenuhi hanya 30 orang karena kendala tersebut,” lanjut Rahmat.

Sementara, Wali Kota Tasikmalaya, H Budi Budiman, mengatakan, mengenai BLK pihaknya sudah menyampaikan niatnya ke provinsi untuk menyerahkan gedung BLK aset Kabupaten Tasikmalaya di wilayah Kota Tasikmalaya ke Pemkot dan Pemkab membangun sendiri gedung BLK dengan bantuan provinsi di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

“Agar lebih efektif dan efisien,” singkat Budi. (Wan)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.