HomePeristiwa

Warga Desa Mandalamekar Diresahkan dengan Banyaknya Monyet yang Turun Gunung

Warga Desa Mandalamekar Diresahkan dengan Banyaknya Monyet yang Turun Gunung

kamarang.com, Tasikmalaya - Warga desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras diresahkan dengan banyaknya monyet - monyet yang berkeliaran ke kebun kebun wa

Pembenahan Irigasi Jadi Prioritas Kerja Camat Salawu di Tahun 2020
Akhir Tahun ini, Jalan Cisinga Bisa Digunakan
Ternyata ini Penyebab Air PDAM di Desa Arjasari Padam

kamarang.com, Tasikmalaya – Warga desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras diresahkan dengan banyaknya monyet – monyet yang berkeliaran ke kebun kebun warga.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan Feri salah satu warga Desa Mandalamekar kepada media. “Iya kang, banyak monyet yang berkeliaran ke kebun kami. Pokonya gak bagus punya kebun dekat hutan mah,” ungkap Feri, Rabu (19/02/2020).

Padahal menurutnya, di Desa Mandalamekar masih banyak hutan lindung, mata air dan juga hutan adat. “Kayaknya kekurangan makanan yang tidak sepadan dengan jumlah monyet yang ada,” tambahnya.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Desa Mandalamekar, Alfie Akhmad. Menurutnya hama monyet sudah pada tingkat menghawatirkan yang menganggu ketahanan pangan manusia.

“Pisang dan kelapa yang menjadi bahan pangan unggulan Desa Mandalamekar produksinya sudah tidak seperti dulu lagi, bahkan terlihat banyak pohon kelapa yang di tebang akibat dianggap tidak produktif,” ungkap Alfie saat sambutan acara pelatihan kehutanan di Gor Mandalamekar, Selasa (18/02/2020).

Untuk itu pihaknya meminta kepada pihak terkait untuk membantu mencarikan solusi agar para monyet tersebut setidaknya berkurang menyambangi kebun kebun warga.

Sementara, Kasie cabang dinas kehutanan wilayah VI (KCDH), Asep Wawan, menuturkan, penyebab migrasi atau turunnya monyet monyet ke kebun warga harus di cari tahu apa penyebabnya.

“Untuk lebih lanjutnya, kita harus memastikan dulu apa penyebabnya sehingga penanganannya bisa akurat,” ujarnya. (El-z)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
%d blogger menyukai ini: