HomeBerita

Wabup Tasikmalaya Ajak Masyarakat Jaga dan Amalkan Pancasila

Wabup Tasikmalaya Ajak Masyarakat Jaga dan Amalkan Pancasila

kamarang.com, Tasikmalaya - Di hari lahirnya pancasila 01 Juni, Wakil Bupati Tasikmalaya, H Cecep Nurul Yakin S.Pd MAP, mengatakan, Peringatan Hari l

Resmi Eks Punggawa MU Masuk Tim Pelatih Tim Utama Manchester United, Fans Tidak Asing Lagi
Desa Cukangjayaguna Sodong Hilir Salurkan Bantuan Gubernur Tahap 2
Politisi PKB: Jangankan 1 Bulan, 3 Bulan Gaji Saja Saya Siap untuk Rohingya

kamarang.com, Tasikmalaya – Di hari lahirnya pancasila 01 Juni, Wakil Bupati Tasikmalaya, H Cecep Nurul Yakin S.Pd MAP, mengatakan, Peringatan Hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2021, menjadi momen bersejarah bagi rakyat Indonesia.

Menurutnya, selain bernilai sejarah, momen ini memberi makna untuk mengingatkan dalam mengamalkan apa yang terkandung dalam setiap butir sila Pancasila yang mana untuk menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Lebih lanjut, Kang Cecep menyampaikan, makna dari hari kelahiran Pancasila sejatinya adalah Pancasilanya dijaga dengan melawan mereka yang hendak mengganggu Pancasila.

“Kita gunakan tenaga dan kreativitasnya untuk membela negeri agar tetap indah dan damai dalam beragam perbedaan,” terang pria yang akrab disapa Kakang ini, Selasa (01/06/21).

Lalu Kang Cecep mengatakan, kita membutuhkan Pancasila sebagai perekat sendi kehidupan berbangsa dan bernegara, sekaligus sebagai visi untuk melihat masa depan dan rumusan ringkas yang merangkum konsepsi titik temu dari berbagai perbedaan.

Menurutnya, Bangsa Indonesia harus merevitalisasi makna Pancasila supaya bisa adaptif sesuai perkembangan zaman, karena jalan takdir sejarah suatu bangsa itu ditentukan oleh masyarakatnya sendiri.

“Pancasila harus dipandang sebagai cita-cita. Dengan begitu, Pancasila mesti diikuti dengan strategi kebudayaan untuk menggapainya. Segala sektor kehidupan, seperti pendidikan, kesehatan, dan dunia sosial kita mesti digerakkan untuk menggapai cita-cita tersebut,” jelasnya.

Tahun ini, peringatan Hari Lahir Pancasila diperingati dalam suasana keprihatinan, karena masih dalam suasana pandemi Covid 19. Meski begitu, seluruh komponen masyarakat Kabupaten Tasikmalaya, agar tetap tangguh dalam menghadapi situasi dan kondisi sulit yang masih berlangsung sampai saat ini akibat pandemi Covid 19.

“Kami berharap semua komponen masyarakat Kabupaten Tasikmalaya, bekerja sama dan memberikan dukungan penuh kepada pemerintah yang terus berupaya secara maksimal untuk mengatasi Covid 19 berikut dampaknya,”pungkasnya. (Alg)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
%d blogger menyukai ini: