kamarang.com, Tasikmalaya – Belum beres pengerjaan, Tembok Penahan Tanah (TPT) pada pembangunan Rumah Sakit Purbaratu Jebol.

Jebolnya TPT ini diperkirakan terjadi sekira pukul 03.00 Dini Hari. Warga sekitar mengira adanya gempa namun setelah di cek ternyata Tembok Penahan Tanah Jebol.

Jebolan material tembok tersebut menutupi Sungai yang mengakibatkan 10 kolam dan rumah warga kebanjiran.

Rian, karang taruna RW 05 Kampung Cihaji, Kelurahan Uukanagara, Kecamatan Purbaratu, mengatakan, warga sempat meperedisksikan TPT akan jebol karena sebelumnya warga sudah melihat ada retak retak

“Kami sudah komunikasikan ke pihak pengemban. Namun karena tidak masuk paket yang sekarang jadi tidak di gubris” Kata Rian

Atas kejadian ini, lanjut Rian, warga meminta Ganti Rugi Kolam yang kebanjiran. “Kami juga meminta harus ada perbaikan TPT ini secara menyeluruh, karena setelah kejadian ini Masyarakat menjadi was was ketakutan ada Ambrol Susulan,” tambah Rian.

Sementara itu Manajement Kontruksi Pembangunan RS Purbaratu, Indra Mahdi menyampaikan, pembangunan Rumah Sakit ini sudah masuk ke tahap empat dan ada beberapa tahapan sebelumnya.

“Tahap ke empat ini membangun fisik gedung. Kebetulan yang jebol adalah produk paket sebelumnya. Materialnya terdiri pasang batu. Kami melihat tidak memasang besi. Karena hujan deras ditambah kontruksinya kurang kuat makanya saat kami isi sepertinya dinding ini tidak kuat sehingga 30 meteran amburuk,” jelas Indra

Menurutnya, yang jadi masalahnyanadala longsorannya menutup sungai sehingga saluran air tidak lancar dan meluapnya ke kolam dan itu sudah dikomunikasikan dengan warga yang terdampak.

“Masalah ini akan kami bawa rapat dengan kontraktor dan Dinas, karena ini bukan dari paket pekerjaan kami. Mengenai ganginrugi, sudah kami komunikasikan denganwarga,  ganti ruginya seperti apa dan akan kami sampaikan ke Dinas,” pungkas Indra. (K13)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.