kamarang.com, Tasikmalaya – Di moment HUT Kemerdekaan RI ke 75, Bank Indonesia telah meluncurkan uang edisi khusus sebesar Rp 75 ribu. Uang yang dicetak setiap 25 tahun sekali ini bisa didapatkan di setiap Bank Indonesia. Di Tasikmalaya pun masyarakat bisa mendapatlannya di Bank Indonesia Perwakilan Tasikmalaya.

Adapun cara mendapatkan uang tersebut, harus melalui sistem online dulu dengan mendaftarkan diri melalui aplikasi https://pintar.bi.go.id, mengingat uang tersebut dikeluarkan dengan jumlah terbatas, yakni hanya 75 juta lembar.

Kepala Kantor BI Perwakilan Tasikmalaya Heru Saptaji mengatakan, masyarakat yang mau memiliki uang kertas edisi khusus kemerdekaan RI ke-75 sudah dapat dilayani di berbagai kantor BI di berbagai wilayah di Indonesia.

“Penukaran bisa dilakukan dan sudah kita layani, masyarakat yang mau menukarkan uang edisi kemerdekaan ini dapat mengakses aplikasi https://pintar.bi.go.id,” ujar Heru di Kantor BI Perwakilan Tasikmalaya, Jalan Sutisna Senjata Kota Tasikmalaya, Selasa (18/08/2020).

Adapun untuk penukaran uang edisi kemerdekaan tersebut dilakukan dalam dua periode. Yakni periode pertama mulai 17 Agustus sampai dengan 30 September 2020, khusus di kantor BI di seluruh indonesia. Dan untuk periode kedua, mulai tanggal 1 Oktober 2020, bisa didapatkan di lima bank konvensional yang sudah ditunjuk BI seperti BCA, Mandiri, BRI, BNI dan CIMB Niaga.

“Untuk di BI Perwakilan Tasikmalaya, penukaran uang edisi khusus dibatasi. Per hari maksimal 150 penukar dan satu KTP hanya satu lembar uang edisi khusus,” tambah Heru.

Adapun antusias masyarakat untuk memiliki uang cetakan limited edition ini cukup tinggi. Sejak BI membuka layanan penukaran, lanjut Heru, sejumlah masyarakat terus memadati kantor-kantor perwakilan BI di seluruh Indonesia.

“Mungkin karena cetakan edisi spesial HUT Kemerdekaan RI ke-75 serta nominalnya sesuai dengan tahun kemerdekaan yakni Rp. 75 ribu dan dicetak terbatas hanya 75 juta lembar, jadi masyarakat merasa penasaran,” pungkasnya. (Red)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.