HomeRegional

Tedi : Program SDGs Sangat Membantu sebagai Bahan Kajian Pemerintah Desa

Tedi : Program SDGs Sangat Membantu sebagai Bahan Kajian Pemerintah Desa

kamarang.com | Dengan adanya program SDGs (Sustainable Development Goals), pemerintah dan masyarakat bisa tahu seberapa jauh peningkatan pemanfaatan D

Ribuan Aparat Desa Geruduk Kantor Kejari Kabupaten Tasikmalaya
Camat Jatiwaras Apresiasi Swadaya Warga Talagasari Bikin Jalan Lingkungan
Doris : Sinergitas Bumdes dan Pemdes Diperlukan Guna Meningkatkan Ekonomi Desa

kamarang.com | Dengan adanya program SDGs (Sustainable Development Goals), pemerintah dan masyarakat bisa tahu seberapa jauh peningkatan pemanfaatan Dana Desa (DD) yang dianggarakan oleh pemerintah pusat, dimana dana tersebut untuk peningkatan tarap kehidupan di desa.

Dengan adanya SDGs serta tujuan dan gagasanya yang tepat, sangat menguntungkan bagi pemerintah daerah maupun pusat. Karena sebagai bahan acuan dan bahan pertimbangan untuk desa yang dikatagorikan desa-desa tertinggal. Bahkan untuk desa-desa yang belum selesai dengan dari segi infrastuktur pembangunannya.

Tedi rahmat selaku ketua BPD Desa Sirnajaya mengatakan, pihaknya belum lama ini sudah mensosialisasikan program SDGs ke masyarakat khususnya Desa Sirnajaya Kecamatan Karangjaya.

“Dengan adanya program tersebut, terus terang ini akan sangat membantu bagi masyarakat kami, karena kami nantinya bisa mengetahui sasaran yang harus diperbaiki agar tidak salah langkah dalam menyikapi permasalahan-permaslahan yang memang konflek di masyarakat,” terang Tedi, Jum’at (30/04/21).

Untuk itu, dalam rencana kerja SDGs di desanya, pihaknya akan memprioritaskan terlebih dahulu dari permasalahan pembangunan. “Dan itu yang memang harus kami utamakan,” tambahnya.

Selain itu, ia juga mengatakan masih banyak potensi-potensi sumberdaya alam (SDA) serta sumberdaya manusia (SDM) yang masih belum terakomodir dari dana desa karena pihaknya masih terfokus di segi pembangunan saja.

“Dari segi program SDGs ini yang nantinya juga bisa meningkatkan Pades desa itu sendiri dan salah satunya dengan cara peningkatan dari segi SDMnya. Agar pola masyarakat semakin berkembang, kalau itu sudah terbangun, itu artinya kita tidak lagi ketergantungan pada dana desa,” tutur Tedi. (Alg)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: