HomeAdvetorial

Pancaroba Tiba, Waspadai Penyakit yang Timbul

Pancaroba Tiba, Waspadai Penyakit yang Timbul

kamarang.com, Tasikmalaya – Musim penghujan telah tiba di beberapa daerah di Indonesia, termasuk di Tasikmalaya. Musim ini biasa disebut musim pancar

Peranan Penting Saka Bakti Husada dalam Gerakan PHBS
Manfaat Obat Tradisional untuk Pemeliharaan Kesehatan, Pencegahan Penyakit, dan Perawatan
Serentak GEMA Lawan Covid-19 dengan Gerakan 3 M

kamarang.com, Tasikmalaya – Musim penghujan telah tiba di beberapa daerah di Indonesia, termasuk di Tasikmalaya. Musim ini biasa disebut musim pancaroba yakni pengalihan musim yang bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit, seperti penyakit kulit dan diare.

“Biasanya, penyakit yang datang ketika masa pancaroba ini seperti diare dan penyakit kulit seperti scabies, dermatitis dan penyakit kulit lainnya akibat dari kurangnya air bersih,” terang Dadan Hamdani, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat di Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya, belum lama ini.

Untuk menghindari yang tidak diinginkan selama masa pancaroba, pihak Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk menghimbau agara masyarakat mau menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Ya mari kita terapkan pola hidup bersih dan sehat, selalu menggunakan air bersih, cuci tangan  sebelum makan dan minum. Untuk menghindari diare, olah makanan dengan baik, termasuk air minumnya. Dan untuk penyakit kulit juga harus menggunakan air bersih,” tambah Dadan.

Selain itu, Dadan menganjurkan agar masyarakat bisa menjaga imunitas dengan cara memakan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan olahraga minimal satu jam sehari.

“Menjaga imun tubuh bisa dilakukan setiap hari. Istirahat minilam 4,5 jam per harinya. Bisa juga menambahkan suplemen seperti vitamin dan makanan dan minuman berenergi lainnya,” ujarnya.  (Adv)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
%d blogger menyukai ini: