banner 728x250

Merajut Laba dan Berqah si Pembuat Kue Lebaran di Tiap Tahunnya

  • Bagikan
banner 468x60

kamarang.com | Tak seperti biasanya Ny. Yayat (62) warga Perum Bumi Resik Panglayungan Kota Tasikmalaya, masih membuat adonan kue kue khas lebaran pesanan para pelangganya.

Padahal biasanya tahun tahun sebelumnya sepekan menjelang lebaran dirinya bisa lebih santai namun kali ini meski dibantu sang anak ibu janda anak dua inipun harus mengeluarkan tenaga extra untuk memenuhi pelangganya.

banner 325x300

Ditemui di rumahnya, Yayat menuturkan bahwa profesi membuat kue lebarannya ini sudah ia tekuni lebih dari 20 tahun lalu, meski awalnya hanya iseng saja dan untuk kalangan tetangga dan saudaranya, namun sekarang pelangganya hampir mendominasi warga di kota Tasikmalaya.

“Ya awalnya sih iseng, eh malah menjadi ketagihan, dan alhamdulillah bisa mendongkrak roda ekonomi keluarga, sepeninggal suami 20 tahun silam,” ujar Yayat.

Karena sifatnya order tahunan, bahan baku yang ia siapkanpun tidak ditumpuk seperti layaknya pabrik kue, namun disiapkan 4 empat bulan menjelang ramadhan, karena umumnya mereka yang pesan bahkan sebelum ramadhan tiba, dengan mengirimkan keler keler kaca yang kosong untuk di isi kue hasil olahannya.

Dari hasil meniti profesinya menjadi pembuat kue ini, setidaknya Yayat sudah bisa menyekolahkan anak anaknya bahkan kini sudah bekerja dan berumah tangga semua.

Omsetnyapun bisa terbilang cukup lumayan, bahkan menejlang lebaran ini omset bersih yang ia dapatkan mencapai lebih dari Rp. 10 juta dalam dua pekan terakhir ini.

Meski diakuinya saat ini, pemesanan kue kue lebaran bisa melalui pembelian jasa online, namun menurutnya tak sedikit dari ibu ibu yang justru menyengajakan datang kerumahnya, untuk melihat langsung proses pembuatannya.

“Alhamdulillah ini mungkin berqah ramadhan tiap tahunnya untuk keluarga kami,” pungkasnya. (Dzm)

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (1)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: