kamarang.com, Tasikmalaya – Sebanyak 100 mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI), dikukuhkan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Heru Saptaji bersama Rektor Universitas Siliwangi Prof. Dr. H. Rudi Priyadi, Ir., M.S, dan Rektor Universitas Galuh Dr. Drs. H. Yat Rospia Brata, M.Si., sebagai mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia (BI), Jumat (12/06/2020).

Proses pengukuhan GenBI tahun ini dilaksanakan secara virtual sebagai upaya pencegahan penularan covid-19. Kegiatan diikuti oleh Rektor Universitas Siliwangi dan Universitas Galuh, serta seluruh mahasiswa penerima beasiswa dari tempat masing-masing. Pengukuhan dilanjutkan dengan pembekalan dan edukasi kebanksentralan oleh Bank Indonesia Tasikmalaya. Melalui pemanfaatan teknologi digital, proses pengukuhan tetap dapat dilakukan secara khidmat dan lancar.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, Heru Saptaji, mengungkapkan, kegiatan penyaluran beasiswa ini merupakan kelanjutan dari penyaluran tahun sebelumnya pada kedua universitas, masing-masing banyak 50 orang mahasiswa dari berbagai program studi, dengan beasiswa sebesar Rp. 1.000.000/bulan untuk rentang waktu 1 tahun.

Di tahun 2020, terang Heru, generasi milenial yang diperkirakan berjumlah lebih kurang 34% dari total penduduk, merupakan generasi yang akan menjadi tulang punggung perekenomian Indonesia di masa yang akan datang. Proporsi tersebut, kata Heru, lebih besar dari proporsi generasi X yang sebanyak 20% maupun generasi baby boomer yang hanya tinggal 13% saja.

Dengan demikian, lanjut Heru, masa depan bangsa Indonesia ada di tangan generasi milenial. “Bank Indonesia menaruh perhatian yang besar dalam pembinaan generasi milenial melalui program beasiswa Bank Indonesia, yang tidak hanya terbatas pada bantuan biaya pendidikan, namun juga pengembangan soft skill,” katanya.

Mahasiswa penerima beasiswa akan tergabung dalam komunitas GenBI (Generasi Baru Indonesia) yang akan diberikan pelatihan dan bimbingan dalam rangka meningkatkan kompetensi individu, serta mengembangkan karakter dan jiwa kepemimpinan agar mampu menjadi insan unggul dan berdaya saing.

“Mereka akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan Bank Indonesia dan menjadi perpanjangan tangan Bank Indonesia dalam mensosialisasikan berbagai kebijakan, seperti ciri-ciri keaslian dan cara menjaga uang rupiah, Gerakan Nasional Non Tunai dan perluasan penggunaan QRIS, serta ikut terlibat dalam berbagai program pengembangan klaster yang dimiliki oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya,” tambahnya.

Heru melanjutkan, dengan GenBI, generasi milenial siap menatap indonesia maju dengan berbekal sehat intelektual, sehat spiritual, dan sehat bekal kepemimpinan. (Al-g)


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Admin

Send this to a friend