HomeRegional

Kang Cecep Dorong Potensi Karang Taruna Desa Gunajaya dan Desa Cibeber

Kang Cecep Dorong Potensi Karang Taruna Desa Gunajaya dan Desa Cibeber

kamarang.com, Tasikmalaya - Ada yang istimewa pada pembinaan karang taruna di Desa Gunajaya dan Desa Cibeber, Manonjaya. Karang Taruna Gunajaya dan K

Lantik 23 Pengurus PAC, Cecep : Pagar Nusa Pagarnya NKRI dan Ulama
Pimpinan Daerah Kabupaten Tasik Sambut Baik Rencana Kepala Bappenas Bikin Dashboard Monogram Desa
Harapan Kang Cecep untuk Penggantinya di Dewan

kamarang.com, Tasikmalaya – Ada yang istimewa pada pembinaan karang taruna di Desa Gunajaya dan Desa Cibeber, Manonjaya. Karang Taruna Gunajaya dan Karang Taruna Cibeber ternyata memiliki potensi alam yang dapat dikembangkan guna mendukung ekonomi masyarakat. Hal tersebut membuat takjub ketua Karang Taruna Kabupaten Tasikmalaya, H Cecep Nurul Yakin.

“Ternyata mereka, karang taruna Gunajaya telah melakukan hal yang mampu mengangkat ekonomi masyarakat. Mereka sudah mengembangkan pertanian dengan komoditas jagung tiga varian. Dan itu sangat bagus mengingat sekarang banyak masyarakat terdampak covid-19,” terang Cecep.

Hal itu menurutnya, bisa membantu warga Gunajaya yang terkena dampak pandemi sehingga tidak lagi memiliki pekerjaan. “Ada sekitar 250 warga yang terdampak, yang tidak ada pekerjaan. Nah dengan adanya kreatifitas karang taruna dengan mengolah makanan dari bahan jagung, itu bisa mengangkat kembali ekonomi warga,” tambah Cecep.

Dengan potensi tersebut, Cecep mendorong agar karang taruna Desa Gunajaya bisa memperluas lahan untuk menanam jagung. Ia juga mendorong akan pengolahan batang jagung menjadi Silase buat pakan ternak sehingga mendapat nilai jual yang tinggi.

Jasuke hasil kreatifitas Karang Taruna Desa Gunajaya

“Dari jagungnya kita sudah lihat, para karang taruna sudah mengolahnya menjadi penganan seperti, puding jagung, mendoan jagung, jasuke dan lainnya, itu sangat menarik. Kita dorong perluasan lahan tanam. Kita juga akan kirim ahli membuat pakan Silase dari rerumputan seperti batang jagung. Kebetulan keluarga kami ada yang bergelut di bidang tersebut,” terang Cecep.

Sementara, untuk karang taruna Desa Cibeber, Cecep mendorong agar memanfaatkan potensi konveksi yang ada di sana. Menurutnya dari konveksi tersebut, para pemuda karang taruna bisa membuka clothing, membuat baju sekelas distro, dan itu sangat potensial.

“Seperti sekarang, sangat cocok buka usaha clothing, apalagi potensinya bagus. Kita sisir pangsa pasar para pemuda, bikin pakaian sekelas distro dengan potensi yang ada. Saya yakin mereka bisa, dan kami pasti akan mendukung dan mendorongnya,” pungkasnya. (El-z)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
%d blogger menyukai ini: