BerandaBeritaNasionalDukung Proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung, Kejati Jabar Selamatkan Uang Negara...

Dukung Proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung, Kejati Jabar Selamatkan Uang Negara Rp 3,2 T

kamarang.com | Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Asep N Mulyana mengungkapkan, pihaknya telah menyelamatkan uang negara sebesar Rp 3,2 T, dalam perkara proyek kereta cepat Jakarta – Bandung.

Hal tersebut terungkap setelah pihaknya melakukan pendampingan perkara bantuan hukum litigasi, mewakili PT. Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PT.PSBI) dan PT. Kereta Cepat Indonesia China (PT. KCIC) terkait proyek kereta cepat Jakarta – Bandung, Rabu (22/9/2021).

Melalui Jaksa Pengacara Negara yang dipimpin oleh Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara (Asdatun) Kejati Jabar Wahyudi, SH.,MH mewakili perkara gugatan yang diajukan oleh para pihak kepada PT. Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PT.PSBI) dan PT. Kereta Cepat Indonesia China (PT. KCIC) di Pengadilan pada jalur yang dilewati proyek tersebut.

“Diketahui secara umum pihak yang mengajukan gugatan adalah perusahaan-perusahaan maupun pribadi yang lahannya terimbas dari proyek tersebut dengan permintaan ganti rugi yang tidak sesuai dengan appraisal yang telah ditetapkan maupun status tanah yang ternyata fasilitas umum dan fasilitas sosial,” terang Kajati Jabar Asep, Rabu melalui keterangan tertulisnya yanh diterima redaksi.

Lebih lanjut, Asep menerangkan, total jumlah lebih kurang 3,2 triliun rupiah tersebut didapat dari temuan sepanjanjang tahun 2018 hingga 2021. Pada tahun 2018, ditemukan sebanyak delapan perkara dengan jumlah penyelamatan keuangan negara sebesar Rp 2.115.854.532.019,-.

“Sementara di tahun 2019 ditemukan empat perkara dengan jumlah penyelamatan keuangan negara sebesar Rp. 758.760.850.421,-. Tahun 2020 sebanyak sembilan perkara dengan jumlah penyelamatan keuangan negara sebesar Rp. 338.179.340.878,-,” tambahnya.

Selanjutnya terang Asep, di tahun 2021, ditemukan tiga perkara dengan jumlah penyelamatan keuangan negara sebesar Rp. 27.445.834.000,-.

Terakhir, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Asep Nana Mulyana mengatakan, prestasi dan pencapaian tersebut merupakan bentuk komitmen dan kesungguhan Kejaksaan untuk mempercepat dan mensukseskan pelaksanaan pembangunan Kereta Cepat Jakarta- Bandung maupun proyek-proyek nasional lainnya di Provinsi Jawa Barat.

Pada bagian lain, Asep menegaskan, di bawah kepemimpinannya, Kejati Jabar berkomitmen akan terus melakukan pembrantasan korupsi.*

RELATED ARTICLES

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

%d blogger menyukai ini: