kamarang.com, Tasikmalaya – Temu karya sekaligus pelantikan karang taruna desa Batusumur Kecamatan Manunjaya, Kabupaten Tasikmalaya dihadiri langsung oleh Ketua Umum Karang Taruna Kabupaten Tasikmalaya, H Cecep Nurul Yakin.

Kang Cecep sapaan akrab Cecep Nurul Yakin, meminta kepada semua pengurus Karang Taruna di tingkat Desa agar bisa membangun sinergitas yang baik dengan para kepala desa.

Menurutnya, hadirnya karang taruna harus menjadi solusi bagi berbagai permasalahan sosial yang ada di daerah masing masing.

“Karang Taruna harus ikut aktif dalam pembangunan di desa, utamanya dalam memberdayakan kaum muda desa,” terang Cecep Rabu (11/3/2020).

Lebih lanjut, Cecep mengatakan, membangun daerah atau desa menjadi tanggungjawab pengurus karang taruna di desa. Ia menegaskan pengurus dan anggota Karang Taruna harus aktif dan ikut mengembangkan potensi yang ada di desa.

“Sehingga desa bisa lebih maju dan masyarakatnya lebih sejahtera,” tambahnya.

Untuk itu, sebagai pengurus Karang Taruna Kabupaten Tasikmalaya, Cecep menghimbau agar para kepala desa untuk melibatkan karang taruna dalam membangun dan memajukan desa.

“Mari kita sama sama bekerja untuk kemaslahatan masyarakat. Sinergitas antara karang taruna dengan desa kita jaga bersama,” ujarnya.

Sementara, Ropi Sopa Rinjani, Ketua Karang Taruna Kecamatan Manunjaya, mengatakan, karang taruna harus bisa jaga kekompakan, karena menurutnya, pelantikan ini baru permulaan dalam perjuangan.

“Datang bersama adalah permulaan, langkah bersama adalah kemajuan dan tetap bersama itulah kesuksesan dalam berorganisasi,” ungkap Ropi.

Intinya, Ropi melanjutkan, Karang taruna harus jadi pembeda antara ormas dan Orsos. Karena menurutnya karang taruna merupakan organisasi plat merah yang diakui oleh Permensos.

“Karang taruna harus menjadi suri tauladan bagi organisasi lain. Karang taruna adalah organisasi sosial yang harus bisa bersinergi dengan pemerintahan,” terangnya. (El-z)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.